Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Marhaban Ya Ramadhan. Alhamdulillah, kita kembali menemui bulan yang penuh barokah, bulan suci, dan bulan yang di dalamnya penuh dengan ampunan-Nya. Semoga di bulan Ramadhan yang penuh barokah ini, Allah akan mengampuni dosa-dosa kita, Allah memberikan kita kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa dengan tuntas di bulan suci ini, meningkatnya iman, dan dapat memperbaiki akhlak untuk menjadi lebih baik lagi.
Wah, sudah lama saya tidak menulis artikel di blog Hui Zhong Wen, dikarenakan insya Allah Minggu tanggal 12 Juni ini akan ada ujian bahasa Mandarin, yaitu ujian HSK 4. Ujian HSK 4 ini adalah syarat untuk melanjutkan kuliah jurusan di Universitas, maka harus ada persiapan, dan terus latihan soal. Saya mohon do’anya kepada kedua orang tua, teman-teman, dan semuanya agar ujian HSK 4 kami Minggu ini berjalan dengan lancar, serta mendapatkan hasil yang terbaik dari Allah SWT. Aamiin ya Robbal’alamin.
Alhamdulillah, banyak yang bertanya-tanya kepada saya ataupun kepada teman-teman satu kampus seperti ini, Bagaimana sih kegiatan Ramadhan di sana? Ramai atau tidak? Bisa sholat Tarawih? Jujur saya sangat senang mendapat pertanyaan seperti itu Sob, karena bisa berbagi cerita istimewa dan pengalaman baru di sini.
Alhamdulillah saat ini saya adalah salah satu mahasiswa Indonesia yang kuliah di Wuxi Institute of Technology, salah satu institut di kota Wuxi, provinsi Jiangsu, Tiongkok. Di bulan Juni ini telah memasuki musim panas, dan suhu sudah mulai naik sampai 30 derajat. Kota yang saat ini hanya memiliki 1 masjid ini memulai puasanya pada tanggal 6 Juni, sama dengan keputusan di Indonesia, dan lamanya puasa di sini sekitar 15/2 jam. Berikut di bawah ini adalah jadwal berbuka dan sahur di kota Wuxi:

Lalu bagaimana persiapan Ramadhan mahasiswa yang ada di Wuxi? Alhamdulillah, di sini kami semua mahasiswa berinisiatif dan berencana untuk mengadakan kegiatan sholat Isya dan Tarawih berjamaah, serta telah menunjuk satu ketua panitia Ramadhan. Di karenakan jarak masjid yang lumayan jauh dari kampus (sekitar 45 menit dari kampus), maka ketua panitia dan mahasiswa lainnya berencana untuk sholat Tarawih di asrama kampus saja. Tetapi insya Allah nanti kami juga berencana untuk sholat Tarawih di masjid kota bersama-sama.
Apakah diizinkan untuk sholat di asrama kampus? Alhamdulillah kami di sini telah mendapatkan izin dari penjaga asrama, dan telah meminta untuk menggunakan satu ruangan untuk melaksanakan sholat Tarawih, tetapi ruangan ini hanya bisa kami gunakan sampai dengan pertengahan bulan Ramadhan saja, dikarenakan ada renovasi asrama nantinya. Kegiatan Ramadhan ini bersifat tertutup, dikarenakan kami di sini juga menghormati mahasiswa lokal lainnya.

Berikut di bawah ini adalah kegiatan gotong royong mahasiswa membersihkan tempat sholat:

*Klik gambar untuk memperbesar
Alhamdulillah tempat sholat Tarawih cukup untuk digunakan dengan jumlah jamaah 30 orang. Panitia Ramadhan juga telah membuat jadwal petugas muadzin, imam Isya, imam Tarawih, dan bilal, serta semua petugasnya diatur secara bergantian, sehingga semuanya bisa belajar, dan mendapatkan pengalaman baru. Berikut di bawah ini adalah kondisi pada saat sholat Tarawih berlangsung:
Tempat sholat
Jamaah Ikhwan
Jamaah Ikhwan
Kegiatan Tadarus Al-Qur’an Jamaah Ikhwan
*Klik gambar untuk memperbesar

Sholat Isya berjamaah dimulai jam 20.30 waktu Wuxi, dan setelah itu langsung dilanjutkan dengan sholat Tarawih berjamaah. Sholat Tarawih selesai sekitar jam 10 waktu Wuxi, lalu biasanya dilanjutkan dengan kegiatan Tadarus Al-Qur’an yang selesai sampai jam 11 waktu Wuxi.
Nah, dari selesainya kegiatan Ramadhan sampai dengan sahur itu hanya beberapa jam saja Sob, yaitu sekitar 3 jam. Biasanya teman-teman di sini ada yang tidur dulu, lalu jam 2.30 nanti bangun untuk sahur, dan ada juga teman-teman yang memilih untuk tidak tidur kemudian mengisi waktu dengan kegiatan positif lainnya sambil menunggu jam 2.30, kemudian sahur. Uniknya lagi biasanya teman-teman di sini buka puasa itu langsung sekalian sahur Sob, hehehe… Tapi itu jarang kok Sob. Menarik bukan?
Demikianlah cerita singkat kegiatan Ramadhan di kota Wuxi – Tiongkok, semoga kegitan ini terus berjalan dengan lancar, sampai dengan akhir bulan Ramadhan.
Terima kasih telah berkunjung di blog Hui Zhong Wen, semoga bermanfaat dan selamat belajar.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh