Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
大家好!dàjiā hǎo! Halo semuanya! Sebelumnya saya sebagai admin dari bisa-mandarin.com mengucapkan Selamat Hari Raya IdulFitri 1437 H, Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Bagaimana nih hari raya Sobat semuanya? Tentunya sangat menyenangkan ya? Alhamdulillah, pada hari raya kali ini saya tidak pulang ke Indonesia Sob, dan merayakan hari raya di kota Wuxi, Tiongkok. Kenapa tidak pulang? Ya, karena saya kepengen tau, bagaimana sih suasana hari raya di kota Wuxi, yang tentunya Sobat semuanya juga penasaran kan? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman menjalani hari raya di negeri orang yang tidak kalah menyenangkan, dan seru lho, ya walaupun tidak seramai di negara kita sendiri. Hehehe…
Pada artikel sebelumnya, saya telah berbagi tentang suasana Ramadhan di kota Wuxi dalam artikel yang berjudul Kegiatan Ramadhan 1437 H Mahasiswa Kota Wuxi, Tiongkok. Tahun ini hari raya IdulFitri jatuh pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2016, kemudian pukul 06.00 pagi waktu kota Wuxi, saya bersama mahasiswa di kota Wuxi lainnya berangkat sholat IdulFitri ke lokasi sholat dengan menggunakan bis umum, yang membayar sebesar 2 yuan atau sekitar Rp4.500. Jarak dari kampus ke lokasi sholat IdulFitri cukuplah jauh, memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi. Tetapi pada saat itu kami semua memilih untuk transit bis dengan tujuan agar lebih cepat sampai ke lokasi sholat, lalu kami membayar 2 yuan lagi untuk transit bis. Sebenarnya tanggal 6 Juli kemarin saya masih ada kelas jurusan di sini, sehingga harus izin sehari kepada dosen untuk tidak masuk ke kelas pada hari itu.
Kemudian pada saat perjalanan di dalam bis, kami sempat kelewatan 1 stasiun dari lokasi sholat, sehingga saat itu kami harus berjalan ke lokasi. Sesampainya di 清真寺 qīngzhēnsì atau masjid sekitar pukul 07.00 kami semua langsung berwudhu, kemudian langsung berangkat ke lokasi sholat IdulFitri yang berlokasi di luar masjid. Berikut adalah foto pada saat berada di area masjid kota Wuxi.
Oh iya, pagi itu di Wuxi sedang turun hujan rintik-rintik Sob dan lokasi sholat IdulFitri tidaklah terlalu jauh dari masjid, yaitu sekitar 100 meter saja. Lokasi sholatnya berada di 无锡体育公园 Wúxī tǐyù gōngyuán Wuxi Sports Park, tepatnya di lapangan indoor basket. Berikut di bawah ini adalah foto-foto pada saat berada di lokasi sholat IdulFitri, dan ternyata sudah banyak jamaah yang berkumpul di depan lokasi sholat.

Bagaimana foto-foto di atas Sob? Menarik kan? Dan ternyata umat muslim perempuan di sini tidak mengikuti sholat IdulFitri dan hanya umat muslim laki-laki saja yang mengikuti sholat IdulFitri, sedangkan umat muslim perempuannya hanya menunggu di masjid, sehingga mahasiswi Indonesia juga tidak bisa ikut sholat IdulFitri lalu menunggu juga di masjid. Saat itu sholat IdulFitri dimulai dari pukul 08.30 pagi, dan selesai pukul 10.00. Untuk tata cara sholat IdulFitrinya itu sama saja seperti kita di Indonesia, tetapi khutbah IdulFitrinya memang agak panjang. Berikut di bawah ini foto-foto keadaan di dalam lokasi sholat IdulFitri.

Ya! Kondisi di dalam lumayan penuh oleh jamaah sholat Sob, baik masyarakat lokal ataupun orang luar negeri yang tinggal di kota Wuxi. Selanjutnya setelah menjalankan sholat IdulFitri, kami semua langsung kembali ke masjid untuk menjemput mahasiswi yang ada di masjid, dan saling bersalam-salaman bersama masyarakat lokal di sini, lalu pulang ke kampus. Berikut di bawah ini adalah foto-fotonya.

Itulah kegiatan hari raya IdulFitri pada tahun ini Sob, selanjutnya pada sore harinya kami mengadakan kumpul-kumpul dan makan bersama di salah satu kamar asrama mahasiswa Indonesia.
Demikianlah cerita mengenai pengalaman hari raya IdulFitri di kota Wuxi, Tiongkok. Semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan Sobat semuanya. Terima kasih telah berkunjung.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.