Mengenal Nada dalam Bahasa Mandarin

Mengenal Nada dalam Bahasa Mandarin
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
声调是什么?shēngdiào shì shénme? sheng diao itu apa? Pada saat belajar bahasa Mandarin kita akan mengenal yang namanya 声调 shēngdiào atau nada. Bahasa Mandarin memiliki empat nada penuh dan satu nada tidak penuh atau nada netral/ringan. Tinggi dan rendahnya nada dapat digambarkan sebagai berikut ini:

Cara melafalkan 声调 shēng diào:
  • Nada pertama adalah nada 5 – 5, yaitu tinggi datar. Nada pertama ini memiliki penanda ““. Cara pelafalan nada pertama ini adalah seperti saat seseorang sedang berpikir “eeeeeeee……”. Contoh: 妈 yang artinya Ibu.
  • Nada kedua adalah nada 3 – 5, yaitu nada tengah ke nada tinggi. Nada kedua ini memiliki penanda ” ˊ“. Cara pelafanan nada kedua ini adalah seperti saat seseorang merasa heran “hah?!”. Contoh: 蟆 yang artinya katak.
  • Nada ketiga adalah nada 2 – 1 – 4, yaitu nada yang dimulai dari nada setengah rendah ke nada rendah, kemudian naik ke nada setengah tinggi. Nada ketiga ini memiliki penanda ” ˇ “. Cara pelafalan nada ketiga ini adalah seperti seseorang berbicara manja. Contoh: 马 yang artinya kuda.
  • Nada keempat adalah nada 5 – 1, yaitu nada yang dimulai dari nada tinggi, kemudian langsung turun ke nada rendah. Nada keempat ini memiliki penanda “ˋ “. Cara pelafalan nada keempat ini adalah seperti seseorang yang sedang membentak marah. Contoh: 骂 yang artinya marah, memarahi.
  • Dan yang terakhir adalah nada netral atau ringan, nada ini adalah nada yang ditentukan oleh nada yang berada di depannya, dan tidak ada penanda pada nadanya. Contoh: 吗 ma ‘partikel untuk kalimat tanya’.
Untuk lebih jelas lagi, Sobat bisa dengarkan rekaman di bawah ini:

Perlu diketahui bahwa nada pada bahasa Mandarin ini adalah penting dan harus kita kuasai, dikarenakan apabila salah dalam melafalkan nadanya, maka makna atau artinya juga akan berubah. Contohnya, apabila kita ini berbicara saya ingin bertanya padamu, maka Mandarinnya adalah 我想问你 wǒ xiǎng wèn nǐ. Di sini kata tanya atau menanya adalah 问 wèn yang memiliki nada keempat, apabila kita salah melafalkan kata wèn (nada keempat) menjadi nada ketiga, sehingga menjadi 吻 wěn, maka artinya juga akan berbeda, dan lawan bicara kita akan kebingungan, dikarenakan wěn nada ketiga di sini artinya kiss. Jadi, setiap 汉字 hàn zì atau karakter mandarin, kita harus mengetahui nada dan artinya untuk dapat berbicara dengan benar.

Berikut ini adalah video yang saya temukan di youtube untuk membantu Sobat dalam latihan nada pada bahasa Mandarin (声调练习 shēng diào liàn xí):
Demikianlah pembahasan tentang Mengenal Nada dalam Bahasa Mandarin, selamat belajar dan semoga sukses. 谢谢!xiè xie!
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
You might also like