Perubahan Nada 1 dalam Bahasa Mandarin

Perubahan Nada 1 dalam Bahasa Mandarin
Perubahan Nada 1 dalam Bahasa Mandarin
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Dalam bahasa Mandarin terdapat beberapa perubahan nada yang harus kita ketahui agar  pronunciation atau pelafalan Mandarin kita menjadi lebih baik dan dapat dipahami oleh lawan bicara kita. Sebelumnya kita telah mengenal 声调 shēng diào atau nada pada artikel sebelumnya di sini. Perubahan nada dalam bahasa Mandarin tidak terlalu banyak, tetapi yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah perubahan nada 1 dengan tanda ““. Silakan Sobat perhatikan pembahasannya di bawah ini.
Pembahasan: 
  1. Apabila nada 1 ” dibaca sendiri dan tidak ada suku kata setelahnya, maka tetap dilafalkan nada 1” (tidak berubah).
  2. Apabila nada 1 ” bertemu dengan suku kata yang membawa nada 1 “, 2 ˊ“, dan 3 ˇ” maka nada 1 yang pertama berubah pelafalannya menjadi nada 4 ˋ.
  3. Apabila nada 1 ” bertemu dengan suku kata yang membawa nada 4 ˋ “, maka nada 1 ” yang pertama berubah pelafalannya menjadi nada 2 ˊ.
Contohnya:
  1. bān
  2. yuán
  3. běn
  4. shí
  5. nián
  6. diǎn
  7. jiàn
Audio:

Catatan:

Ketika Sobat menulis pīnyīn, maka perubahan nadanya tidak ditulis, tetapi tetap menuliskan nada yang aslinya.
Bagaimana Sob? Sederhana bukan? Silakan Sobat pahami dan cobalah untuk melafalkannya serta mengingatnya, karena terkadang awalnya kita sering lupa bahwa ada perubahan nada, tetapi Insya Allah jika semakin banyak latihan, maka lama-kelamaan akan terbiasa.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

You might also like