Penjelasan Lengkap Tentang Ujian Standar Bahasa Mandarin atau HSK

Penjelasan Lengkap Tentang Ujian Standar Bahasa Mandarin atau HSK

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Halo Sobat Mandarin! Banyak yang bertanya-tanya kepada admin mengenai apa itu ujian standar bahasa Mandarin atau HSK di Instagram @bisamandarin ataupun melalui media sosial lainnya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan mengetahui lebih dalam lagi tentang ujian standar bahasa Mandarin atau yang sering disingkat dengan HSK. HSK sendiri memiliki kepanjangan 汉语水平考试 hànyǔ shuǐpíng kǎoshì yang apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah ujian standar bahasa Mandarin.
Jadi ujian HSK ini sama seperti TOEFL atau IELTS di dalam bahasa Inggris, dan sama-sama dikhawatirkan oleh mahasiswa yang akan kuliah di Tiongkok, hahahaha ngga kok. Ujian HSK bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Mandarin yang telah kita pelajari, sebagai persyaratan untuk kuliah di Tiongkok, ataupun syarat untuk melamar pekerjaan. Ujian ini merupakan ujian yang dirancang oleh Dewan Bahasa Mandarin di Tiongkok atau disebut dengan 中国国家汉办 zhōngguó guójiā hànbàn. Tentunya ujian HSK ini dibuat sesuai dengan standar dan situasi pembelajaran bahasa Mandarin secara internasional.
HSK dibagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu ujian tertulis atau 笔试 bǐ shì dan ujian lisan 口试 kǒu shì. Kemudian ujian tertulis juga dibagi lagi menjadi 2 metode ujian, yaitu dengan paper based atau ujian dengan kertas dan computer based atau ujian dengan komputer. Ujian tertulis HSK ini memiliki tingkatan dari tingkat 1 sampai yang tertinggi adalah tingkat 6. Sedangkan untuk ujian lisan itu hanya ada 3 tingkatan, yaitu dasar, menengah, dan lanjut, serta ujiannya menggunakan metode rekaman.
Penjelasan Tingkatan HSK
HSK tingkat 1 memiliki total 150 kosakata (150 kosakata baru dan 178 karakter).
HSK tingkat 2 memiliki total 300 kosakata (150 kosakata baru dan 349 karakter).
HSK tingkat 3 memiliki total 600 kosakata (300 kosakata baru dan 623 karakter).
HSK tingkat 4 memiliki total 1200 kosakata (600 kosakata baru dan 1071 karakter).
HSK tingkat 5 memiliki total 2500 kosakata (1300 kosakata baru dan 1709 karakter).
HSK tingkat 6 memiliki total 5000 kosakata (2500 kosakata baru dan 2633 karakter).
Di dalam standar Eropa (CEF):
  • HSK tingkat 1 disebut A1
  • HSK tingkat 2 disebut A2
  • HSK tingkat 3 disebut B1
  • HSK tingkat 4 disebut B2
  • HSK tingkat 5 disebut C1
  • HSK tingkat 6 disebut C2
Ujian HSK memiliki 3 bagian yang diuji, yaitu listening, reading, dan writing, serta khusus untuk HSK tingkat 6 ada bagian mengarang, sedangkan HSK tingkat 1 dan 2 tidak ada bagian writing. Nilai maksimal dari tiap tingkatan HSK adalah 300 (kecuali HSK 1 dan 2 memiliki nilai maksimal hanya 200), dan nilai terendah adalah 180, apabila kita telah mencapai nilai 180, maka kita bisa dinyatakan lulus ujian HSK.
Untuk waktu pengerjaan ujian HSK dan jumlah soalnya itu berbeda-beda tiap tingkatannya, berikut di bawah ini:
  • HSK tingkat 1 waktu ujiannya selama 40 menit (termasuk 5 menit istirahat) dan total soalnya ada 40 soal (listening 20 soal dan reading 20 soal).
  • HSK tingkat 2 waktu ujiannya selama 55 menit (termasuk 5 menit istirahat) dan total soalnya ada 60 soal (listening 35 soal dan reading 25 soal).
  • HSK tingkat 3 waktu ujiannya selama 90 menit (termasuk 5 menit istirahat) dan total soalnya ada 80 soal (listening 40 soal, reading 30 soal, dan writing 10 soal).
  • HSK tingkat 4 waktu ujiannya selama 105 menit (termasuk 5 menit istirahat) dan total soalnya ada 100 soal (listening 45 soal, reading 40 soal, dan writing 15 soal).
  • HSK tingkat 5 waktu ujiannya selama 125 menit (termasuk 5 menit istirahat) dan total soalnya ada 100 soal (listening 45 soal, reading 45 soal, dan writing 10 soal).
  • HSK tingkat 6 waktu ujiannya selama 140 menit (termasuk 5 menit istirahat) dan total soalnya ada 101 soal (listening 50 soal, reading 50 soal, dan membuat karangan singkat minimal 400 kata setelah membaca artikel naratif yang kurang lebih ada 1000 karakter).
Apakah sertifikat ujian HSK ada batas masa berlaku? Informasi yang saya ketahui, sertifikat HSK itu tidak ada batas masa berlakunya, tetapi ada juga yang bilang bahwa batas masa berlakunya adalah selama 2 tahun. Kemungkinan teman-teman yang mengambil ujian HSK langsung di Tiongkok itu sertifikatnya tidak ada batas masa berlaku, sedangkan sertifikat ujian HSK di Indonesia ada masa berlakunya.
Di mana kita bisa mendaftar ujian HSK ini? Untuk mengambil ujian HSK di Indonesia kita bisa mencari suatu lembaga bahasa Mandarin yang membantu kita untuk mendaftar ujian tersebut. Sedangkan di Tiongkok itu biasanya akan dibantu oleh pihak kampus untuk mendaftar ujian HSK ini.
Apakah ada biaya pendaftaran? Ya, ada biaya pendaftarannya. Biaya pendaftaran ujian HSK di Indonesia menurut saya lebih murah daripada mengambil ujian HSK di Tiongkok.
Yang saya ketahui bahwa ujian HSK di Indonesia biayanya adalah sebagai berikut:
  • HSK tingkat 1 sebesar Rp150.000,-
  • HSK tingkat 2 sebesar Rp250.000,-
  • HSK tingkat 3 sebesar Rp350.000,-
  • HSK tingkat 4 sebesar Rp450.000,-
  • HSK tingkat 5 sebesar Rp550.000,-
  • HSK tingkat 6 sebesar Rp650.000,-

Sedangkan biaya pendaftaran ujian HSK di Tiongko adalah sebagai berikut:

  • HSK tingkat 1 sebesar RMB150
  • HSK tingkat 2 sebesar RMB250
  • HSK tingkat 3 sebesar RMB350
  • HSK tingkat 4 sebesar RMB450
  • HSK tingkat 5 sebesar RMB550
  • HSK tingkat 6 sebesar RMB650
Tinggal dikalikan saja ke kurs RMB to Rp sebesar seitar RMB1 = Rp2.300,-.
Apa saja persyaratan apabila kita ingin mendaftar ujian HSK? Selain kita harus membayar biaya pendaftaran, syarat yang harus kita penuhi juga di bagian berkas pendaftaran, yaitu seperti fotokopi paspor yang masih berlaku dan pas foto berwarna ukuran 3×4.
Lebih mudah ujian HSK yang paper based atau computer based sih? Nah, pertanyaan yang sangat bagus! Menurut saya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang paling terlihat adalah di computer based kita tidak menulis menggunakan pesil atau pulpen untuk mengerjakan soal, tetapi kita hanya perlu mengetik 拼音 pīnyīn saja melalui keyboard, dan menurut saya itu sangat membantu kita dalam mengerjakan soal, serta mengurangi adanya kesalahan pada saat penulisan aksara Mandarin atau 汉字 hànzì.
Tetapi kelemahan computer based, kita harus benar-benar fokus mengerjakan soal agar tidak ketinggalan waktu pengerjaan di tiap bagian soalnya, apabila waktunya sudah habis, maka soal akan berpindah ke bagian selanjutnya. Juga kekhawatiran kita apabila komputer yang kita gunakan mengalami error.
Situasi kelas ujian HSK computer based
Situasi kelas ujian HSK paper based
Saya telah belajar bahasa Mandarin selama 1 tahun, bisakah langsung mengambil HSK tingkat 4? Bisa kok, ujian HSK tidak harus secara berurutan dari tingkat 1 ya.

Bisakah kita mengambil ujian berkali-kali untuk mendapatkan nilai terbaik? Bisa juga, tetapi kita harus membayar lagi untuk biaya pendaftarannya.

Kapan hasil ujian kita bisa dilihat? Hasil ujian HSK akan keluar sekitar 3 Minggu setelah kita mengikuti ujian, dan bisa kita cek hasil ujian melalui webnya dengan memasukkan nomor ujian dan tanggal lahir kita.
Bagaimana Sob? Apabila masih ada pertanyaan seputar ujian HSK ini, silakan kirimkan pertanyaannya ke kolom komentar di bawah ya! Atau teman-teman bisa melihat informasi lebih lanjut ke web resminya di http://chinesetest.cn/.
Insya Allah artikel selanjutnya kita akan membahas tentang tips-tips lulus ujian HSK ya! Terima kasih dan tetap semangat belajar bahasa Mandarin.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
You might also like